blogger perempuan

Mengatasi Ketergantungan Media Sosial

8:47 AM


Hidup di jaman millennial ini menuntut kita untuk semakin melek dengan teknologi,  informasi dan komunikasi. Salah satu pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi yaitu dengan menggunakan gadget. Dengan semakin maraknya jual beli gadget, semakin banyak pula orang yang menggunakannya. Baik yang tua maupun muda menyukai benda bernama gadget, karena kita bisa menggunakan bermacam bentuk fitur komunikasi dan informasi maupun hiburan seperti games. Dari beragam jenis fitur tersebut, terdapat aplikasi yang kita sebut media social.

Media social merupakan suatu wadah untuk bersosialisasi, berkomunikasi, dan berbagi di dunia maya. Ada beragam jenis media social, seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line, snapchat, blog dan jenis media social lainnya. Dari beragam jenis media social tersebut kira-kira apa media social favouritmu? Kira-kira menggunakan media social itu bermanfaat enggak yaa?

Penggunaan media social memang sangat bermanfaat. Kita bisa berbagi cerita ataupun informasi, mendapatkan beragam informai terkini, bahkan kita bisa mengikuti perjalanan seseorang (misal idol/selebgram/influencer favourite) yang di share di media social, saling memberi masukan atau komentar, maupun untuk sekedar mendapat hiburan. Semuanya itu akan membuat kita semakin melek informasi dan komunikasi karena memacu kita untuk tetap up-to-date alias mengikuti perkembangan berita dan informasi terkini atau anak gaul bilang sih yang ter-hitz alias yang lagi jadi trending topic.

Disamping keuntungan yang kita dapat dari media sosial, ada hal lain yang membuat kita ketergantungan. Saking ketergantungannya, hampir membuat kita lupa akan waktu. Bahkan aku pun merasakan hal yang sama. Saking asyiknya bermain instagram, membuat kita untuk terus membuka lagi instagram, membuka lagi instagram, dan membuka lagi instagram, mungkin hanya untuk sekedar menonton stories, IGTV, explore something, like photo and video, atau hanya untuk scroll topic seputar kuliner, travel, lelucon, make up, kecantikan, pendidikan, dan dunia fashion terkini. For me, social media is addictive. Rasanya kurang lengkap kalau satu hari saja kita tidak membuka media social.

Ketergantungan media social cukup bisa mengganggu produktivitas kita. Terkadang kita lupa waktu dan melupakan to-do-list atau tugas dan kewajiban lainnya. Ada beberapa tips agar kita bisa mengurangi rasa ketergantungan tersebut, yaitu dengan cara sugesti diri sendiri dan batasi waktu, melakukan hobby tertentu, atau sekedar berkumpul dengan teman dan keluarga.

Sugesti diri sendiri dan batasi waktu
Hanya diri kita sendiri yang bisa mengontrol apa yang akan kita lakukan, kapan waktu untuk memulainya, seberapa lama, dan kapan waktu untuk berhenti melakukan hal tersebut. Kita harus bisa mengatur waktu bermain media sosial. Misalnya dengan mengatur waktu bermain instagram. “Well, dear my self, you only need to surf for a half hour then do another activity!” Cobalah menyugesti diri sendiri dan batasi waktu berselancar di media social secara perlahan dan lama kelamaan jadi terbiasa. Setelah waktu habis, kita bisa kembali beraktivitas normal dengan mematikan mobile data agar kita bisa tetap fokus pada kegiatan utama kita dan tidak ada alasan untuk terdiktrasi dengan media social. Meskipun saya pun merasa sulit dan masih proses melakukan ini, tapi kadang bisa berhasil juga loh biar gak wasting time.


Melakukan hobby tertentu
Kita pasti memiliki hobi tertentu selain berselancar di dunia maya, seperti berenang, menonton film, membaca, menulis dan hobi lainnya yang memungkinkan kita untuk tidak membuka akun media social kita. Anggaplah hobi kita menulis dan kita ingin focus terhadap artikel yang akan kita tulis. Agar ide kita tetap mengalir, abaikan dulu media social untuk sementara. Seperti saat aku menulis entry blog ini, aku sedang berusaha focus dulu ke layar dan keyboard notebook. Kalau sudah beres baru deh aku akan balik lagi buka medsos untuk refreshing sebentar saja. Hahaha..Pokoknya semakin kita focus dengan hobi kita, maka semakin kita tenggelam dalam dunia yang kita jalani dan setidaknya bisa istirahat sejenak dari media social.


Berkumpul dengan keluarga atau sahabat
Sepertinya dunia bisa terasa lebih damai dan tentram saat kita tidak terpaku pada media sosial. Kita bisa menciptakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan atau sekedar bermain permainan tradisional. Sepertinya kita perlu kegiatan seperti itu bersama keluarga, sahabat maupun teman, untuk bercengkrama, ngobrol secara langsung, menonton bersama, makan bersama, karaokean bersama, atau hal seru lainnya yang bisa dilakukan bersama yang bisa mengurangi aktivitas kita membuka medsos. Semakin banyak kita bersosialisasi langsung maka semakin bisa kita mengatasi ketergantungan pada media social. Kita juga bisa membuat aturan tertentu saat berkumpul dengan mereka, seperti mengumpulkan handphone di satu tempat dan memberikan hukuman tertentu bagi mereka yang membuka handphone saat berkumpul.

Bermain media social memang sangat mengasyikan dan juga bermanfaat. Semakin banyak informasi yang kita dapat maka semakin up-to-date-lah kita, namun, jangan sampai kita terpaku pada media social. Semoga tips mengatasi ketergantungan sebelumnya bisa kita terapkan.


With Love,

Annisa Fadhila


You Might Also Like

2 komentar

  1. Nice article Nis.

    Terus menulis, karena dengan menulis artikel juga turut membantu mengurangi ketergantungan pada media sosial. Hehe...

    Ditunggu artikel berikutnya.

    ReplyDelete